Untuk
mememperoleh pengertian lebih luas tentang strategipemasaran, maka pada awal
pembahasan ini, peneliti kemukakandefinisi strategi pemasaran dari beberapa
para ahli diantaranya adalah:Strategi adalah rencana tindakan yang luas dengan
mana sebuahorganisasi bermanfaat untuk mencapai tujuan. Menurut Drucker,
strategi adalah mengerjakan sesuatu yangbenar (doing the right things).Menurut
Karl Von Clausewitz, Strategi adalah suatu senimenggunakan pertempuran untuk
memenangkan suatu perang.Pemasaran adala h sebuah sistem dari kegiatan-kegiatan
bisnisyang dirancang untuk merencanakan, memberi harga, mempromosikandan
mendistribusikan jasa serta barang-barang pemuas keinginanpasar.Mc Carthy
berpendapat bahwa pemasaran (marketing)menyangkut perencanaan secara efisien
penggunaan sumber-sumberdan pendistribusian barang dan jasa dari produsen ke
konsumen,sehingga tujuan kedua fihak (produsen dan konsumen) tercapai. Sofjan
assauri berpendapat bahwa pemasaran adalah sebagaikegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi dan memuaskankebutuhan keinginan melalui proses
pertukaran.Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk dapat tetaphidup dan
berkembang. Tujuan tersebut, hanya dapat dicapai melaluiusaha mempertahankan
dan meningkatkan tingkat keuntungan labaperusahaan. Usaha ini hanya dapat
dilakukan apabila perusahaan dapatmempertahankan dan meningkatkan penjualannya,
melalui usahamencari dan membina langganan, serta usaha menguasai pasar,
tujuanini hanya dapat dicapai apabila bagian pemasaran perusahaanmelakukan
strategi yang mantap untuk dapat menggunakankesempatan atau peluang yang ada
dalam pemasaran. Sehingga posisiatau kedudukan perusahaan dipasar dapat dipertahankan
dan sekaligusditingkatkan.
Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yangmenyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yangmemberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untukdapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Sedangkanmenurut Marwan Asri, strategi pemasaran adalah wujud rencana yangterarah dibidang pemasaran, untuk memperoleh suatu hasil yang optimal. Dengan demikian, strategi pemasaran merupakanserangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberiarah kepada usaha -usaha pemasaran perusahaan dari waktu-kewaktu,pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutamasebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dankeadaan persaingan yang selalu berubah. Oleh karena itu, penentuanstrategi pemasaran harus didasarkan atas analisis lingkungan daninternal perusahaan melalui analisis keunggulan dan kelemahanperusahaan, serta analisis kesempatan dan ancaman yang dihadapiperusahaan dari lingkungannya. Disamping itu, strategi pemasaranyang telah ditetapkan dan dijalankan harus dinilai kembali, apakahmasih sesuai dengan keadaan atau kondisi pada saat ini dan hasilpenilaian atau evaluasi ini digunakan sebagai dasar untuk menentukanapakah strategi yang sedang dijalankan perlu diubah, sekaligusdigunakan sebagai landasan untuk menyusun atau menentukan strategiyang akan dijalankan pada masa yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar