Selasa, 03 Juli 2012

Pengertian Strategi Pemasaran


Untuk mememperoleh pengertian lebih luas tentang strategipemasaran, maka pada awal pembahasan ini, peneliti kemukakandefinisi strategi pemasaran dari beberapa para ahli diantaranya adalah:Strategi adalah rencana tindakan yang luas dengan mana sebuahorganisasi bermanfaat untuk mencapai tujuan. Menurut Drucker, strategi adalah mengerjakan sesuatu yangbenar (doing the right things).Menurut Karl Von Clausewitz, Strategi adalah suatu senimenggunakan pertempuran untuk memenangkan suatu perang.Pemasaran adala h sebuah sistem dari kegiatan-kegiatan bisnisyang dirancang untuk merencanakan, memberi harga, mempromosikandan mendistribusikan jasa serta barang-barang pemuas keinginanpasar.Mc Carthy berpendapat bahwa pemasaran (marketing)menyangkut perencanaan secara efisien penggunaan sumber-sumberdan pendistribusian barang dan jasa dari produsen ke konsumen,sehingga tujuan kedua fihak (produsen dan konsumen) tercapai. Sofjan assauri berpendapat bahwa pemasaran adalah sebagaikegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi dan memuaskankebutuhan keinginan melalui proses pertukaran.Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk dapat tetaphidup dan berkembang. Tujuan tersebut, hanya dapat dicapai melaluiusaha mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan labaperusahaan. Usaha ini hanya dapat dilakukan apabila perusahaan dapatmempertahankan dan meningkatkan penjualannya, melalui usahamencari dan membina langganan, serta usaha menguasai pasar, tujuanini hanya dapat dicapai apabila bagian pemasaran perusahaanmelakukan strategi yang mantap untuk dapat menggunakankesempatan atau peluang yang ada dalam pemasaran. Sehingga posisiatau kedudukan perusahaan dipasar dapat dipertahankan dan sekaligusditingkatkan.


Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yangmenyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yangmemberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untukdapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Sedangkanmenurut Marwan Asri, strategi pemasaran adalah wujud rencana yangterarah dibidang pemasaran, untuk memperoleh suatu hasil yang optimal. Dengan demikian, strategi pemasaran merupakanserangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberiarah kepada usaha -usaha pemasaran perusahaan dari waktu-kewaktu,pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutamasebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dankeadaan persaingan yang selalu berubah. Oleh karena itu, penentuanstrategi pemasaran harus didasarkan atas analisis lingkungan daninternal perusahaan melalui analisis keunggulan dan kelemahanperusahaan, serta analisis kesempatan dan ancaman yang dihadapiperusahaan dari lingkungannya. Disamping itu, strategi pemasaranyang telah ditetapkan dan dijalankan harus dinilai kembali, apakahmasih sesuai dengan keadaan atau kondisi pada saat ini dan hasilpenilaian atau evaluasi ini digunakan sebagai dasar untuk menentukanapakah strategi yang sedang dijalankan perlu diubah, sekaligusdigunakan sebagai landasan untuk menyusun atau menentukan strategiyang akan dijalankan pada masa yang akan datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar