Selasa, 27 Desember 2011

Uang


Uang
1.     Pengertian Uang
Definisi uang menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut.
a.     A. C. Pigou
Dalam bukunya The Veil of Money, yang dimaksud dengan uang adalah alat tukar.
b.     D. H. Robertson
Dalam bukunya Money, ia mengatakan bahwa money is something recepted in payment for goods. Artinya, uang adalah sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang – barang.
c.     R. G. Thomas
Dalam bukunya Our Modern Banking ia menjelaskan bahwa money is shomething that reasily and generaly accepted by public in payment for goods, service and other valuable assets and for the payment for debts. Artinya, uang adalah sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pemmbayaran bagi pembelian barang – barang dan jasa- jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.

Dari definisi uang tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa uang adalah suatu benda yang diterima secara umum sebagai alat perantara untuk mempermudah tukar – menukar dalam kehidupan ekonomi masayarakat.

2.     Fungsi Uang
Dari definisi uang di atas, sebenarnya telah tersirat fungsi uang, yaitu sebagai alat tukar dan sebagai alat pembayaran utang. Namun secara lengkap fungsi uang dapat dibedakan sebagai fungsi asli (utama) dan fungsi turunan (tambahan).
            Fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar, sebagai alat kesatuan hitung, dan sebagai penyimpanan nilai, sedangkan fungsi turunan adalah alat penunda pembayaran dan penambahan kekayaan.

3.     Jenis-jenis Uang
a.       Uang Kartal
Uang kartal adalah lat bayar yang sah dan wajib digunakan sehari – hari.

b.       Uang Giral
Uang giral bukan merupakan alat pembayaran yang sah. Artinya, masyarakat boleh menolak dibayar dengan uang giral sebab beredarnya uang giral hanya di kalangan tertentu, misalnya orang yang memiliki rekening di bank pengusaha.

c.       Uang Quasi
Uangn quasi adalah uang yang beredar di masyarakat berupa uang – uang yang ditabung, baik di rumah maupun di lembaga – lemmbaga bank dan nonbank kecuali tabungan giro. Uang quasi bentuknya dapat berupa uang kartal atau uang giral.


Sumber: Sukamto, Slamet. 2009. Ekonomi: Uang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar